Senin, 23 November 2009

Rangkuman Bab 7

TUGAS
EKONOMI PEMBANGUNAN BAB.7










NAMA : OKKI FAJRIN
NPM : 30205914
KELAS : 2 DD 04
BAB.7
Perubahan Struktural Dalam Proses Pembangunan
1. Perubahan Berbagai Sektor
Perubahan di berbagai sektor merupakan prasyarat dari peningkatan dan kesinambungan pertumbuhan perekonomian dan penanggulangan kemiskinan serta pendukung bagi keberlanjutan pembangunan suatu Negara.
Kuznets membuat kesimpulan berikut mengenai corak perubahan persentasi sumbangan berbagai sektor dalam pembangunan ekonomi, yaitu:
1. Sumbangan sektor pertanian kepada produksi nasional telah menurun. Umumnya pada taraf permulaan dari pembagunan ekonomi, peranan sektor ini mendekati setengah dan adakalanya mencapai sampai hampir duapertiga dari selutuh produksi nasional.
2. Peranan sektor industri dalam menghasilkan produksi nasional meningkat. Pada tahun-tahun permulaan dari masa yang dioservasi sumbangan sektor tersebut berkisar diantar 20 sampai 30 persen.
2. Perubahan Struktur Penggunaan Tenaga Kerja
Perubahan Struktur tenaga kerja di berbagi sektor daa proses pembangunan:
1. Peranan sektor pertanian dalam menyediakan kesempatan kerja menurun di tiap-tiap Negara.
2. Peranan sektor industry daam menyediakan kesempatan kerja menjadi bertambah penting, akan tetapi kenaikan tersebut secara relative adalah sangat kecil.
3. Peranan setor jasa-jasa alam menyediakan kesempatan kerja tidak mengalami banyak perubahan, akan tetapi peranannya mengalami kenaikan relative sangat besar sekali.
Dalam keadaan di mana tingkat produktivitas pada suatu sektor mengalami perkembangan yang sama dengan perkembangan produktivitasnya rata-rata yang terjadi dalam keseluruhan perekonomian, maka perubahan relaif peranan sektor itu dalam menciptakan produksi nasional akan sama besarnya dengan perubahan relatifnya dalam menampung tenaga kerja. Di sektor industri erubahan relative dari sumbangannya dalam menciptakan produksi nasional adalah lebih besar daripada perubahan relative dari peranannya dalam menampung tenaga kerja. Ini berarti tingkat produkrivitas di sektor industry berkembang dengan lebih cepat daripada perkembangan tingkat produktivitas dari keseluruhan perekonomian.

3. Peubahan Struktur Sektor Industri dan Jasa
Untuk menunjukkan perubahan yang terjadi dalam sub sektor industri pengolahan dalam proses pembangunan, Industri-industri yang termasuk dalam golongan ini dibedakan menjadi tiga golongan, yaitu: (a) Industri barang-barang konsumsi (b) Indusrti barang-barang baku (c) barang-barang modal. Peranan sektor jasa-jasa dalam menciptakan produksi nasional tidak mengalami perubahan atau tidak mengalami penurunan, dalam menyediakan kesempatan kerja akan menjdi bertambah besar. Jenis-jenis produksi sektor jasa harus di sediakan oleh suatu perekonomian yang maju. Suatu perekonomian yang mencapai tingkat pembangunan yang lebih tinggi dengan sendirinya harus mengalami perkembangan dalam kegiatan perdagangan, kegiatan badan-badan keuangan, kegiatan mendistribusikan hasil-hasil yang di produksi oleh sektor industry dan pertanian ke berbagai daerah dan luar negeri, dan kegiatan menyewakan rumah-rumah dan bangunan-bangunan.

4. Perubahan Struktur Industri Menurut Analisis Chenery
Pertumbuhan ekonomi telah mengakibatkan perubahan struktur perekonomian. Transformasi struktur sendiri merupakan proses perubahan struktur perekonomian dari sektor pertanian ke sektor industri atau jasa, dimana masing-masing perekonomian akan mengalami transformasi yang berbeda-beda. Pada umumnya transformasi yang terjadi di Negara berkembang adalah transformasi dari sektor pertanian ke sektor industri. Perubahan struktur atau transformasi ekonomi dari tradisional menjadi modern secara umum dapat di definisikan sebagai suatu perubahan dalam ekonomi yang berkaitan dengan komposisi permintaan, perdagangan, produksi dan faktor-faktor lain yang diperlukan secara terus-menerus untk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan sosial melalui peningkatan pendapatan perkapita.
Penggolongan industri menurut analisis chenery:
· Industri barang setengah jadi.
· Industri barang setengah jadi sektor primer.
· Industri barang jadi.
· Industri barang jadi sektor primer.

5. Perubahan Struktur Perekonomian Negara Berkembang
Negara berkembang memiliki pola perubahan struktur yang berbeda dengan Negara maju walaupun ada beberapa Negara berkembang yang mengikuti pola Negara maju. Perbedaan terletak di dua dimensi, yaitu:
a. Efek transisi, dimana menunjukkan sifat hubungan antara perubahan dalam bagian output sektoral dengan perubahan log GDP per kapita.
b. Efek level, dimana menunjukkan level bagian output sektoral pada GDP per kapita tertentu.
Selain itu pola perubahan struktur di Negara berkembang, terdapat heterogenitas yang besar akan pola perubahan struktur perekonomian. Berikut adalah kesimpulan dari penjelasan perubahan ekonomi di Negara berkembang, yaitu:
1. Tabungan dan pembentukan modal. Makin besar tingkat tabungan, maka makin besar pula tingkat pembentukan modal.
2. Pendapatan pemerintah. Tingkat pendapatan yang dapat dikumpulkan oleh pemerintah mengalami penigkatan yang sangat besar terutama disebabkan oleh kenaikan dalam tingkat penerimaan pemerintah dari perpajakan.
3. Pendidikan. Perkembangan yang dicapai dalam bidang pendidikan sepanjang proses pembangunan digunakan 2 macam indicator. Yaitu besarnya pengeluaran untuk pendidikan dan banyaknya anak dalam menutut ilmu.
4. Urbanisasi, tingkat kelahiran dan tingkat kematian. Pembangunan Ekonomi akan diikuti oleh perubahan dalam proporsi penduduk yang tinggal di daerah urban, dan penurunan dalam tingkat kelahiran dan kematian.
5. Struktur Produksi. Struktur ini dalam proses pembangunan dalam penyelidikan yang baru ini memperkuat kesimpulan hasil-hasil yang telah diperoleh mengenai ciri-ciri perubahan struktur ekonomi dalam pembangunan.
6. Distribusi Pendapatn. Untuk melihat perubahan dalam distribusi pendapatan, diperhatikan perubahan bagian pendapatan yang diterima oleh 40 persen dari keseluruhan penduduk yang tergolong sebagai penerima-penerima pendapatan terendah dan (perubahan bagian dari pendapatan nasional yang diterima 20 persen dari seluruh jumlah penduduk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar