Minggu, 10 Januari 2010

MASALAH LINGKUNGANH _ BENCANA BANJIR YANG MELANDA IBUKOTA JAKARTA

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Penelitian
Banjir selalu melanda Ibukota Jakarta setiap tahun, banjir terparah terjadi pada tahun 2002 yang lalu. Para warga yang rumahnya terkena bencana banjir harus mengungsi ke dataran yang lebih tinggi, tetapi di Ibukota Jakarta banjir sudah tidak asing lagi. Karena itu sudah menjadi langganan ketika hujan turun.

1.2 Permasalahan
Banjir disebabkan oleh luapan air yang melebihi standar kapasitas ayng disebut air bah. Air bah terjadi disebabkan oleh hujan yang turun terus menerus cukup deras, jadi air hujan yang turun tidak mampu diserap oleh tanah dan waduk-waduk. Resapan air tidak mampu lagi karena volume air yang mengalir keseluruhan melebihi daya tampung. Menurut Pemerintah, banjir tersebut di akibatkan oleh 2 faktor yaitu yang pertama karena faktor alam, dan kedua di akibatkan oleh ulah manusia.
• Faktor alam disebabkan oleh :
- Hujan turun melebihi kapasitas.
- Air hujan yang tercurah tidak terserap tanah.
- Terjadinya kenaikan permukaan laut akibat pemanasan global.
- Terjadinya air pasang sehingga menimbulkan limpahan air sungai dan laut.
• Faktor ulah manusia disebabkan oleh :
- Membangun rumah dibantaran kali.
- Membuang sampah sembarangan.
- Penebangan pohon dihulu sungai.
- Membangun pemukiman dengan tidak membangun sarana saluran air.

1.3 Tujuan Penelitian
Agar disetiap daerah yang terkena banjir menjadi berkurang masyarakat harus menjaga lingkungan tetap bersih supaya lingkunan menjadi tetap nyaman.
1
1.4 Metode Penelitian
Metode yang digunakan untuk melakukan penelitian tersebut adalah dengan melakukan wawancara dengan narasumber.

1.5 Kegunaan Penelitian
Agar masyarakat sadar, bahwa kebersihan lingkungan itu dibutuhkan dan kita juga dapat mengetahui bahaya banjir agar dapat dicegah datangnya banjir.

1.6 Sistematika Penelitian
Pengumpulan data-data dan informasi dengan melakukan wawancara dengan Pemerintah.
Narasumber : Pemerintah.
Langkah-langkah yang disiapkan : Membuat pertanyaan yang akan diajukan.
Jumlah pertanyaan : Tiga
Pertanyaan : - Apa faktor penyebab banjir tersebut?
- Bagaimana cara penanggulangan banjir?
- Rencana kedepan agar banjir tidak terulang?













2
BAB II
PEMBAHASAN

Permasalahan yang menyebabkan banjir oleh faktor manusia adalah membangun rumah dibantaran kali atau ditepi sungai menjadi sempit, sedangkan volume air melebihi dari sungai yang tersedia. Membuang sampah disungai atau disaluran kali, masyarakat yang tidak sadar akan lingkungan melihat sungai itu sebagai sarana yang digunakan untuk membuang sampah dan beranggapan sampah akan hanyut terbawa air. Membangun pemukiman dengan tidak membangun sarana saluran air, masyarakat beranggapan tanah satu jengkalpun mahal harganya sehingga tanah-tanah itu tidak tersisa sedikitpun semuanya digunakan untuk sarana bangunan dan tidak memperhitungkan bahwa saluran air merupakan salah satu sarana yang sangat penting.
Pencegahan bahaya banjir dalam pepatah, pencegahan lebih murah daripada menanggulangi, pencegahan penyakit lebih baik daripada mengobati. Upaya-upaya yang dilakukan antara lain melakukan kegiatan untuk membersihkan sungai, melakukan kerja bakti secara rutin dilingkungan rumah, untuk membersihkan saluran air dan sampah yang tedapat dilingkungan rumah. Cara menanggulangi bahaya banjir dengan membuat talang-talang air dan menyediakan sarana prasarana yang dibutuhkan.
Akibat dari banjir dapat mengakibatkan kerugian harta benda, perabotan rumah tangga menjadi hancur, sungai menjadi dangkal, lahan-lahan pertanian terkikis oleh air, menghayutkan dan menenggelamkam bahkan dapat menyebabkan kematian,dan jalur transportasi tersendat. Selain benda dan harta yang akan hilang bahaya banjir juga dapat mendatangkan penyakit seperti demam berdarah, diare, muntah-muntah dll.
Selain membahas permasalahan, pencegahan, akibat dari banjir kami juga mewawancarai pemerintah setempat. Kami mengajukan beberapa pertanyaan seperti “Bagaimana cara pemerintah untuk menanggulangi bencana banjir tersebut?” pemerintah pun menjawab “Kami akan menghancurkan beberapa SPBU di daerah tertentu, langkah yang kami lakukan untuk melakukan penanaman atau penghijauan, agar di daerah yang terkena banjir berkurang, karena dengan adanya banyak lahan penghijauan digunakan untuk penyerapan air hujan.”
3
BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Kesimpulanya adalah banjir tidak hanya disebabkan oleh faktor alam, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor ulah manusia yang tidak tertib pada lingkungan.

3.2 Saran
- Tidak membuang sampah sembarangan.
- Mengadakan kerja bakti rutin dilingkungan.
- Tidak membangun rumah di bantaran kali.
- Membuat talang-talang.
- Mengadakan penghijauan.

















4
DAFTAR PUSTAKA

Saleh.M.2006. Pendidikan Lingkungan Kehidupan Jakarta.Jakarta: Madani Dwi Utama.























5
DAFTAR ISI

Halaman

Lembar Judul ……………………………………………………………… i
Kata Pengantar ……………………………………………………………. ii
Daftar Isi …………………………………………………………………... iv

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Penelitian ………………………………… 1
1.2 Permasalahan …….……………………………………….. 1
1.3 Tujuan Penelitian ….……………………………………… 1
1.4 Metode Penelitian ………………………………………… 2
1.5 Kegunaan Penelitian ……………………………………… 2
1.6 Sistematika Penelitian ……………………………………. 2

BAB II PEMBAHASAN ...........................…………………………… 3

BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan …….…………………………………………. 4
3.2 Saran ……………………………………………………… 4

DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………….. 5







iv
KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat iman, sehat dan nikmat islam sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya tulis mengenai “Bencana Banjir” yang dimaksudkan untuk memenuhi tugas dalam mata kuliah ekonomi pembangunan.
Dalam penyusunan karya tulis “Bencana Banjir” ini penulis mendapat bimbingan, dan bantuan dari berbagai pihak sehingga penulisan karya tulis “Bencana Banjir” ini dapat terselesaikan dengan baik, untuk itu pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1. Bapak Dr. Bagus Nurcahyo, MM selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Pengantar Ekonomi Pembangunan.
2. Bapak Nurhadi, Selaku Dosen Pengajar Mata Kuliah Pengantar Ekonomi Pembangunan
3. Ibu Dwi selaku pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah Sipud Cake yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk melakukan wawancara dan memperoleh data.
4. Kedua orang tua dan keluarga besarku yang telah mendoakan dan memberikan dukungan baik moril maupun materil yang tidak terhingga selama ini.
5. Semua teman yang memberikan support hingga laporan Usaha Mikro Kecil Menengah ini selesai.








ii
Penulis menyadari menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan penulisan laporan Usaha Mikro Kecil Menengah ini masih jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangannya, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak yang sifatnya membangun, agar dalam penyusunan laporan berikutnya akan dapat lebih baik.
Akhir kata dan harapan penulis semoga penyusunan karya tulis “Bencana Banjir” ini menginformasikan kepada para pembaca mengenai bencana banjir dan cara mengatasinya dapat serta bermanfaaat bagi seluruh pihak yang membaca dan bagi para mahasiswa pada khususnya.






Bekasi, Desember 2009
Penulis



( Okki Fajrin )







iii
MASALAH LINGKUNGAN











BENCANA BANJIR YANG MELANDA IBUKOTA JAKARTA


NAMA : Okki Fajrin
NPM : 30205914
KELAS : 2 DD 04
MATA KULIAH : Pengantar Ekonomi Pembangunan

1 komentar:

  1. salam, saya dari staff gunadarma.
    disini saya ingin berbagi link untuk masuk website gunadarma:

    http://www.gunadarma.ac.id/

    untuk itu diharapkan bagi mahasiswa gunadarma untuk mencantumkan link tersebut di blog/web pribadi anda.

    terimakasih..

    BalasHapus